KOMPONEN KINERJA PENGAWAS SEKOLAH
I PENYUSUNAN PROGRAM
Menyusun program pengawasan
1.1 Memiliki program pengawasan tahunan yang memenuhi enam aspek
1 Identitas
2 Pendahuluan
3 Identifikasi dan analisis hasil pengawasan
4 Program Pengawasan
5 Penutup
6) Lampiran
1.2 Memiliki program pembinaan guru dan kepala sekolah yang memenuhi delapan aspek
1 Materi pembinaan guru dan kepala sekolah
2 Tujuan dan sasaran
3 Indikator keberhasilan,
4 Strategi/metode/teknik
5 Skenario Pembinaan,
6 Sumber daya,
7 Penilaian dan instrument,
8 Rencana tindak lanjut
1.3 Memiliki program pemantauan delapan SNP yang memenuhi delapan aspek
1. Materi pemantauan SNP
2. Tujuan dan sasaran
3. Indikator keberhasilan,
4. Strategi/metode/teknik
5. Skenario Pembinaan,
6. Sumber daya,
7. Penilaian dan instrument,
1.4 Memiliki program penilaian kinerja guru dan kepala sekolah yang memenuhi delapan aspek
1 Materi penilaian
2 Tujuan dan sasaran
3 Indikator keberhasilan,
4 Strategi/metode/teknik
5 Skenario Pembinaan,
6 Sumber daya,
7 Penilaian dan instrument,
8 Rencana tindak lanjut
1.5 Memiliki program semester yang memenuhi empat aspek Program Semester
1. Identitas sekolah
3. Visi dan misi
4. Identifikasi masalah
5. Deskripsi kegiatan
6. (1) tujuan dan ingin dicapai,
(2) sasaran yang akan dijadikan kegiatan pembinaan,
(3) target keberhasilan yang ingin dicapai,
(4) indikator keberhasilan, (5) metode kerja yang digunakan, dan
(6) jadwal kegiatan
1.6 Memiliki Rencana Pengawasan Akademik (RPA)/Rencana Pengawasan Bimbingan Konseling (RPBK) dan Rencana Pengawasan Manajerial (RPM) yang memenuhi sepuluh aspek
1 Aspek pembinaan
2 Tujuan
3 ndikator keberhasilan
4 Waktu
5 Tempat/Sekolah/sasaran
6 Strategi/metode/teknik
7 Skenario kegiatan
8 Sumber daya yang digunakan
9 Penilaian dan instrumen
10 Rencana tindak lanjut
II PELAKSANAAN PROGRAM
2. Memantau pelaksanaan delapan SNP
2.1 Memiliki laporan pemantauan pelaksanaan delapan SNP yang memenuhi sepuluh aspek
1. Aspek
2. Kegiatan
3. Sasaran
4. Target
5. Metode
6. Hambatan
7. Ketercapaian
8. Kesimpulan
9. Tindak lanjut
10. Lampiran
Melaksanakan penilaian kinerja guru dan kepala sekolah
3.1 Memiliki laporan pelaksanaan program penilaian kinerja guru dan kepala sekolah yang memenuhi sepuluh aspek
1. Aspek
2. Kegiatan
3. Sasaran
4. Target
5. Metode
6. Hambatan
7. Ketercapaian
8. Kesimpulan
9. Tindak lanjut
10. Lampiran
Membuat laporan tahunan pelaksanaan program
4.1.1 Memiliki laporan tahunan pelaksanaan program yang memenuhi tujuh aspek
1. Identitas
2. Pendahuluan
3. Kerangka pikir pemecahan masalah
4. Pendekatan dan metode pengawasan
5. Hasil pelaksanaan program pengawasan
6. Penutup
7. lampiran
III EVALUASI HASIL PELAKSANAAN PROGRAM PENGAWASAN (K3)
Melaksanakan evaluasi hasil pelaksanaan program pengawasan pada sekolah binaan
1.1 Memiliki laporan evaluasi hasil pelaksanaan program pembinaan guru dan kepala sekolah di sekolah binaan yang memenuhi sembilan aspek.
1. Aspek
2. Kegiatan
3. Sasaran
4. Target
5. Metode
6. Hambatan
7. Ketercapaian
8. Kesimpulan
9. Tindak lanjut
1.2 Memiliki laporan evaluasi hasil pelaksanaan program pemantauan delapan SNP yang memenuhi sembilan aspek.
1. Aspek
2. Kegiatan
3. Sasaran
4. Target
5. Metode
6. Hambatan
7. Ketercapaian
8. Kesimpulan
9. Tindak lanjut
1.3 Memiliki laporan evaluasi hasil pelaksanaan program penilaian kinerja guru dan kepala sekolah yang memenuhi sembilan aspek.
1. Aspek
2. Kegiatan
3. Sasaran
4. Target
5. Metode
6. Hambatan
7. Ketercapaian
8. Kesimpulan
9. Tindak lanjut
Membuat laporan evaluasi hasil pelaksanaan program pengawasan
2.1 Memiliki laporan evaluasi hasil pelaksanaan program pengawasan yang memenuhi delapan aspek.
1. Program kegiatan
2. Materi Kegiatan
3. Target Pencapaian
4. Hasil yang dicapai
5. Kesenjangan
6. Alternatif pemecahan masalah
7. Kesimpulan
8. Tindak lanjut
Mengevaluasi hasil pelaksanaan program pengawasan di tingkat kabupaten/kota/provinsi
3.1 Memiliki laporan hasil evaluasi pelaksanaan program pengawasan di tingkat kabupaten/kota/
provinsi yang memenuhi delapan aspek.
1 Program kegiatan
2 Materi Kegiatan
3 Target Pencapaian
4 Hasil yang dicapai
5 Kesenjangan
6 Alternatif pemecahan masalah
7 Kesimpulan
8 Tindak lanjut
IV MEMBIMBING DAN MELATIH PROFESIONAL GURU (K4)
Menyusun program pembimbingan dan pelatihan profesional guru dan kepala sekolah di KKG/MGMP/MGP dan KKKS/MKKS dan sejenisnya
1.1 Memiliki program pembimbingan dan pelatihan profesional guru dan kepala sekolah di KKG/MGMP/MGP dan KKKS/MKKS dan sejenisnya yang memenuhi delapan aspek.
1 Materi
2 Tujuan
3 Sasaran
4 Target
5 Indikator keberhasilan
6 Skenario Pembimbing an
7 Sumber daya
8 Rencana tindak lanjut
Melaksanakan pembimbingan dan pelatihan profesional guru dan kepala sekolah di KKG/MGMP/MGP dan KKKS/MKKS dan sejenisnya.
2.1 Memiliki laporan pelaksanakan program pembimbingan dan pelatihan profesional guru di KKG/MGMP/MGP dan kepala sekolah di KKKS/MKKS dan sejenisnya yang memenuhi sepuluh aspek.
1. Aspek
2. Kegiatan
3. Sasaran
4. Target
5. Metode
6. Hambatan
7. Ketercapaian
8. Kesimpulan
9. Tindak lanjut
10. Lampiran
Melaksanakan pembimbingan dan pelatihan kepala sekolah dalam menyususun program sekolah, rencana kerja, pengawasan dan evaluasi, kepemimpinan sekolah dan SIM sekolah.
3.1 Memiliki laporan pelaksanaan program membimbing dan melatih kepala sekolah dalam menyusun program sekolah, rencana kerja, pengawasan dan evaluasi, kepemimpinan sekolah, dan SIM yang memenuhi sepuluh aspek.
1. Aspek
2. Kegiatan
3. Sasaran
4. Target
5. Metode
6. Hambatan
7. Ketercapaian
8. Kesimpulan
9. Tindak lanjut
10. Lampiran
Mengevaluasi hasil pelaksanaan pembimbingan dan pelatihan guru dan kepala sekolah di KKG/MGMP/MGP dan KKKS/MKKS dan sejenisnya
4.1 Memiliki laporan evaluasi hasil pelaksanaan program pembimbingan dan pelatihan guru di MGMP/KKG/MGP dan kepala sekolah di KKKS/MKKS dan sejenisnya yang memenuhi delapan aspek.
1. Program
2. Materi Kegiatan
3. Target Pencapaian
4. Hasil yang dicapai
5. Kesenjangan
6. Alternatif pemecahan masalah
7. Kesimpulan
8. Tindak Lanjut
Membimbing pengawas sekolah muda dan pengawas sekolah madya dalam melaksanakan tugas pokok
5.1 Memiliki laporan pelaksanaan program pembimbingan pengawas sekolah muda dan pengawas sekolah madya dalam melaksanakan tugas pokok yang memenuhi sepuluh aspek.
1. Aspek
2. Kegiatan
3. Sasaran
4. Target
5. Metode
6. Hambatan
7. Ketercapaian
8. Kesimpulan
9. Tindak lanjut
10. Lampiran
Melaksanakan pembimbingan dan pelatihan profesional guru dan kepala sekolah dalam penelitian tindakan
6.1 Memiliki laporan pelaksanaan program pembimbingan dan pelatihan profesional guru dan kepala sekolah dalam penelitian tindakan yang memenuhi sepuluh aspek.
1. Aspek
2. Kegiatan
3. Sasaran
4. Target
5. Metode
6. Hambatan
7. Ketercapaian
8. Kesimpulan
9. Tindak lanjut
10. Lampiran
Membuat laporan hasil pembimbingan dan pelatihan profesional guru dan kepala sekolah
7.1 Memiliki laporan hasil pembimbingan dan pelatihan profesional guru dan kepala sekolah yang memenuhi tujuh aspek
1. Identitas
2. Pendahuluan
3. Kerangka pikir pemecahan masalah
4. Pendekatan dan metode pengawasan
5. Hasil pembimbing an dan pelatihan
6. Penutup
7. lampiran
Asal berita
https://m.facebook.com/PeningkatanProfesiGuru/posts/390335107730720
Posted by 16:08 and have
0
komentar
, Published at
No comments:
Post a Comment